20 Jul 2013

EVALUASI UTS MATA KULIAH KLASIFIKASI UMUM & ISLAM


1.      Islam dan keluarga berencana
Islam                            (SU1) = 2X0    (BN1)
Keluarga berencana      (SU2) = 351.81 (BN2)
BN1 + BN2
2X0 + 351.81 = 2X0.35181

2.      Kumpulan hadis tentang olah raga (umum)
Kumpulan hadis            (SU1) = 2X2.3             (BN1)
olah raga (umum)          (SU2) = 796                (BN2)
BN1 + 0 + BN2
2X2.3  + 0 + 796 = 2X2.30796

3.      Ayat-ayat Al Qur’an tentang zakat
Ayat-ayat Al Qur’an     (SU1) = 2X1.4 (BN1)
zakat                            (SU2) = 2X4.14 (BN2)
BN1 + BN2
2X1.4 + 2X4.14 = 2X1.4414

4.      Aqidah menurut Mu’tazilah
Aqidah             (SU1) = 2X3.8 (BN1)
Mu’tazilah        (SU2) = 2X8.3 (BN2)
BN1 + BN2
2X3.8 + 2X8.3 = 2X3.83

5.      Perkembangan Islam di Amerika serikat
Perkembangan Islam     (SU) = 2X9.6(BN)
Amerika serikat             (TP) = 73(W)
BN + W
2X9.6 + 73 = 2X9.673

6.      Biografi tokoh-tokoh Nahdatul Ulama (NU)
Biografi tokoh-tokoh                (SU1) = 2X9.8 (BN1)
Nahdatul Ulama (NU)              (SU2) = 2X6.612 (BN2)
BN1 + BN2
2X9.8 + 2X6.612 = 2X9.86612

7.      Pelajaran tentang hadis Bukhari Muslim à dalam bagan DDC seksi Islam Hadis Bukhari dan Muslim menempati notasi yang berbeda, maka dikerjakan dua-duanya.
a)      hadis Bukhari         (SU) = 2X2.21 (BN)
Pelajaran                      (TP) = 07         (SS) kosongan
BN + SS
2X2.21 + 07 = 2X2.2107
b)      hadis Muslim         (SU) = 2X2.22 (BN)
Pelajaran                     (TP) = 07         (SS) kosongan
BN + SS
2X2.22 + 07 = 2X2.2207


8.      Fiqih mahzab Hambali à 2X4.84 (BN) à sudah ada dalam bagan
9.      Makanan dan minuman yang halal à 2X4.91 (BN) à sudah ada dalam bagan

10.  Sistem pemerintahan di Arab Saudi
Sistem pemerintahan     (SU) = 2X6.22 (BN)
Arab Saudi                   (TP) = 538 (W)
                                  SSG   = 09

BN + SSG + W
2X6.22 + 09 + 538  = 2X6.2209538

II
Sistem klasifikasi Islam yang semula 297 diganti 2X0 karena :
a.       Posisi kelas agama Islam yang menempati seksi 297 terlampau kecil sehingga perluasan dan adaptasi yang diadakan menghasilkan notasi yang panjang dan kurang praktis.
b.      Penyusunan faset-faset di bidang agama Islam yang ada dalam DDC maupun hasil perluasan dan adaptasi masih memerlukan penyempurnaan dari segi tatanan faset dan kelengkapan subyek.
c.       DDC atau bagan DDC merupakan pencerminan untuk keperluan agama Kristen, dan sangat kurang di bidang agama lain, termasuk agama Islam.

No comments:

Post a Comment

CONTOH PROPOSAL PENGADAAN PERPUSTAKAAN DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013

CONTOH PROPOSAL PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA   PERPUSTAKAAN SMA NEGERI BAB   I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Pe...