A. LAYANAN INFORMASI
Kata informasi berasal dari bahasa bahasa latin “informare”yang berarti membentuk
melalui pendidikan. Dalam ilmu perpustakaan diartikan berita, peristiwa, data,
maupun literatur. Sedangkan dalam ilmu komunikasi, informasi diartikan sebagai
keterangan maupun pesan yang berupa suara, isyarat, maupun cahaya yang dengan
cara tertentu dapat diterima oleh sasaran (sebagai penerima) baik berupa mesin
maupun makhluk hidup.[1]
Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan informasi adalah
penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan agar individu dapat
mengolah dan memanfaatkaninformasi tersebut untuk kepentingan hidup dan
perkembangannya. Sedangakan pengertian layanan informasi perpustakaan adalah
layanan yang diberikan oleh perpustakaan kepada para pemustaka agar dapat
memanfaatkan fungsi perpustakaan dengan sebaik mungkin guna memperoleh
informasi yang diinginkan.
1. Layanan Informasi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Layanan informasi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berada di
lantai 1 gedung perpustakaan, tapatnya berada di lobby perpustakaan atau pintu
masuk perpustakaan. Layanan ini bertujuan untuk memudahkan pemustaka dalam
mencari informasi tentang pemanfaatan perpustakaan. Layanan informasi yang
disediakan oleh Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta antara lain yaitu:
· Pintu masuk ElektronikPemustaka yang ingin menggunakan semua fasilitas di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta harus melalui pintu masuk elektronik. Pintu elektronik akan terbuka jika pemustaka memiliki KTM/KTA yang masih aktif. Apabila KTM tidak direspon oleh pintu, maka pemustaka dapat menghubungi petugas bagian informasi untuk mendapatkan kartu tanda anggota (KTA). Pintu masuk elektronik memiliki beberapa fungsi, diantaranya untuk mengetahui statistik pengunjung dan untuk mengetahui pengunjung yang bukan berasal dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.· Pintu Keluar ElektronikPintu keluar elektronik berfungsi untuk mengamankan koleksi perpustakaan. Pemustaka yang membawa koleksi tidak melalui prosedur yang benar, secara otomatis pintu akan berbunyi sebab pintu telah dipasang sensor matic. Pemustaka yang membawa koleksi tidak sesuai prosedur maka akan mendapat sanksi dari perpustakaan.· Pembuatan Kartu SaktiKartu sakti merupakan kartu yang dikeluarkan oleh Forum Kerjasama Perpustakaan perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN) yang terdiri dari 29 PTN di Jawa, Bali, Lampung dan NTB. Kartu ini dapat digunakan untuk memanfaatkan fasilitas perpustakaan di seluruh Perguruan Tinggi yang menjadi anggota FKP2TN. Keuntungan yang diperoleh pemegang kartu sakti adalah dibebaskan dari biaya kunjungan ke perpustakaan dan dapat menggunakan fasilitas perpustakaan yang dikunjungi (untuk baca di tempat). Pemustaka dapat membuat kartu sakti melalui layanan informasi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan membayar biaya administrasi sebesar Rp 10000,- untuk dapat digunakan selama 6 bulan.· LockerLocker merupakan tempat untuk menyimpan barang seperti tas, jaket, topi, stopmap, dan lain-lain. Sebelum memasuki perpustakaan, pemustaka dipersilahkan untuk menaruh barang-barang tersebut di locker. Letak locker berada di lantai 1 dekat dengan bagian layanan informasi. Pemustaka dapat meminjam kunci locker pada petugas bagian informasi dengan syarat meninggalkan kartu identitas seperti KTP atau SIM. Locker untuk putri berada di sebelah timur dari bagian informasi, sedangkan locker untuk putra berada di sebelah barat dari bagian informasi.· Layanan Pengumuman Barang Tertinggal/Hilang dan DitemukanLayanan informasi menyediakan layanan pengumuman barang hilang, artinya pemustaka yang kehilangan barang atau menemukan barang dapat menghubungi pihak informasi agar dapat diumumkan kepada pemustaka yang lain.· Layanan Kartu Baca bagi Pengunjung LuarPemustaka dari luar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat membaca koleksi di tempat dan fotocopy koleksi dengan meminjam kartu baca di bagian informasi.
2. Kegiatan Petugas Layanan Informasi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta
B. LAYANAN REFERENSI
Kata
referensi berasal dari bahasa inggris “reference”
yang berarti menunjukkan kepada, menyebut. Sering pula diartikan dengan acuan,
rujukan, koleksi ini sengaja dipersiapkan untuk memberikan informasi,
penjelasan dalam hal-hal tertentu.[2]
Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan referensi adalah kegiatan memberikan informasi kepada pengguna perpustakaan dalam bentuk pemberian layanan rujukan cepat dan atau bimbingan pemakaian sumber rujukan. Bahan pustaka yangbiasanya menjadi rujukan adalah kamus, ensiklopedi, buku pegangan (handbook), almanak, laporan penelitian ilmiah, directory, sumber biografi, sumber geografi, buku tahunan dan lain-lain. Sebagian besar perpustakaan tidak meminjamkan koleksi referensinya untuk dibawa keluar, biasanya koleksi-koleksi ini hanya dapat dibaca ditempat serta difotocopy pada halaman tertentu saja.Tujuan layanan referensi adalah:· Mengarahkan pengguna perpustakaan menemukan informasi yang dibutuhkan pemakai dengan cepat dan tepat.· Memampukan pengguna perpustakaan untuk menelusuri informasi dengan menggunakan berbagai pilihan sumber informasi yang lebih luas.· Memampukan pengguna perpustakaan dalam menggunakan setiap bahan pustaka referensi dengan tepat guna.Layanan referensi juga memiliki berbagai jenis layanan, pada umumnya layanan referensi terdiri dari:· Layanan rujukan cepat, yaitu layanan pemberian jawaban ataspermintaan informasi dari pengguna perpustakaan melalui pemanfaatan bahan pustaka rujukan.· Layanan bimbingan pemakai sumber rujukan, yaitu bantuan yang diberikan kepada pengguna perpustakaan untuk mencari informasi yang diperlukan melalui penggunaan koleksi rujukan.
1.
Layanan Referensi di Perpustakaan
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Layanan
referensi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakartamerupakan layanan yang
bertujuan untuk membantu pemustaka dalam menelusuri informasi rujukan dalam
berbagai subyek. Melalui layanan referensi ini, pemustaka dibantu untuk
menemukan dan menelusur informasi dengan lebih spesifik dan dengan pilihan
subyek yang lebih luas, serta memanfaatkan sarana penelusuran yang tersedia
secara optimal. Layanan referensi yang disediakan juga berusaha untuk
memberikan informasi ilmiah untuk kepentingan studi dan riset maupun informasi
yang bersifat non ilmiah.
Layanan referensi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berada di Lantai 2 gedung perpustakaan. Layanan ini memiliki ruangan yang sangat luas dan tempat yang nyaman untuk membaca yang dilengkapi dengan meja dan kursi serta AC (Air Conditioner), selain itu juga terdapat beberapa OPAC (Open Public Access Catalogus) sebagai layanan penelusuran mandiri koleksi perpustakaan yang diinginkan pengguna. Diruang layanan referensi terdapat berbagai macam koleksi referensi seperti kamus, ensiklopedi, indeks, abstrak, biografi, bibliografi, sumber geografi, dan lain-lain. Pengguna yang ingin memanfaatkan koleksi referensi hanya boleh membacanya di tempat atau memfotocopy bagian yang diinginkan di layanan fotocopy yang ada di ruang layanan referensi. Sebelum memanfaatkan koleksi referensi, pengguna harus mengisi judul koleksi yang akan dibaca pada buku yang telah disediakan oleh petugas perpustakaan.
Layanan referensi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berada di Lantai 2 gedung perpustakaan. Layanan ini memiliki ruangan yang sangat luas dan tempat yang nyaman untuk membaca yang dilengkapi dengan meja dan kursi serta AC (Air Conditioner), selain itu juga terdapat beberapa OPAC (Open Public Access Catalogus) sebagai layanan penelusuran mandiri koleksi perpustakaan yang diinginkan pengguna. Diruang layanan referensi terdapat berbagai macam koleksi referensi seperti kamus, ensiklopedi, indeks, abstrak, biografi, bibliografi, sumber geografi, dan lain-lain. Pengguna yang ingin memanfaatkan koleksi referensi hanya boleh membacanya di tempat atau memfotocopy bagian yang diinginkan di layanan fotocopy yang ada di ruang layanan referensi. Sebelum memanfaatkan koleksi referensi, pengguna harus mengisi judul koleksi yang akan dibaca pada buku yang telah disediakan oleh petugas perpustakaan.
2.
Jenis dan Jasa Layanan Referensi
diPerpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Layanan referensi di
Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga memiliki beberapa jasa layanan sumber
informasi, diantaranya yaitu:
· Layanan sumber informasi/buku-buku rujukan umum tercetak· Layanan sumber informasi/buku-buku rujukan islam tercetak· Layanan tugas akhir· Layanan sumber informasi/buku-buku rujukan umum elektronik· Layanan sumber informasi/buku-buku rujukan islam elektronik
3.
Prosedur dan Kegiatan Layanan
Referensi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Prosedur
atau tahapan kegiatan layanan referensi di Perpustakaan UIN Sunan Klaijaga
Yogyakarta terdiri dari dua segi, yaitu dari segi pemustaka maupun segi
pustakawan. Prosedur yang dilakukan pada layanan referensi dari segi pemustaka
adalah sebelum menelusur koleksi-koleksi yang ada di rak, sebaiknya pemustaka
menelusur lebih dahulu informasi yang dibutuhkan melalui OPAC (Online Public Access Catalogue), dengan
OPAC pemustaka akan mendapatkan informasi dan sumber informasi yang dibutuhkan
dengan cepat. Adapun prosedur dari segi pustakawan yang dilakukan adalah
sebagai berikut:
· Jasa Penelusuran Informasi/RujukanPemustaka yang menginginkan suatu informasi/artikel dengan subyek tertentu dan belum mengetahui cara mendapatkan informasi tersebut, maka pustakawan akan membantu mengarahkan pada jenis koleksi yang mungkin berkaitan dengan informasi tersebut. Jika diperlukan, penelusuran dilakukan lewat OPAC dan ke berbagai jenis koleksi yang ada di ruang layanan referensi maupun koleksi yang berada di perpustakaan.· Jasa Bimbingan pemustaka/Menjawab Pertanyaan PemustakaPemustaka yang masih awam dalam menggunakan fasilitas dan sarana perpustakaan dapat meminta bimbingan khusus pada petugas. Dalam hal ini pemustaka akan memperoleh bimbingan yang bersifat pengenalan, bimbingan membaca koleksi yang menggunakan kode-kode tertentu misalnya “RF” (kode untuk koleksi referensi yang berbahasa selain arab) dan “AR” (kode untuk koleksi referensi yang berbahasa arab), hingga cara pemustaka untuk dapat menggunakan fasilitas dan sarana perpustakaan sehingga informasi yang dibutuhkan bisa diperoleh.
4.
Kegiatan Petugas Layanan Referensi
di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
C. LAYANAN TUGAS AKHIR
Layanan Tugas akhir merupakan layanan perpustakaan yang
menyediakankoleksi-koleksi kumpulan tugas akhir mahasiswa yang dibuat sebagai
syarat kelulusan.
1. Layanan Tugas Akhir di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Layanan tugas akhir berada di lantai 2 gedung Perpustakaan UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta, tepatnya berada di sebelah timur ruangan referensi.
Layanan tugas akhir merupakan layanan yang khusus menyediakan koleksi-koleksi
kumpulan tugas akhir mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang terdiri dari
7 fakultas. Pemustaka dapat meminjam koleksi tugas akhir untuk di baca di
tempat dan difotocopy dengan syarat menyerahkan kartu anggota kepada patugas
perpustakaan sebelum meminjam koleksi tugas akhir. Pemustaka hanya boleh
meminjam 2 eksemplar koleksi tugas akhir, dan diperbolehkan meminjam kembali
jika koleksi yang dipinjam sebelumnya telah dikembalikan. Koleksi yang ada pada
layanan tugas akhir meliputi skripsi, tesis, disertasi dan laporan penelitian.
Layanan tugas akhir merupakan bagian dari layanan referensi dan berada pada
gedung yang sama dengan layanan referensi.
2. Kegiatan Petugas Layanan Tugas Akhir di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta
D. LAYANAN SERIAL/TERBITAN BERSERI
Menurut ALA Glossary
of Library Term, Seial atau terbitan berseri adalah suatu publikasi yang
diterbitkan secara berturut-turut, bagian demi bagian, biasanya dengan jarak
penerbitan yang tetap dan dimaksudkan untuk terbit terus menerus tanpa batas
waktu tertentu. Sedangkan dalam Webs’ter
Third New International Directory of The English Language disebutkan bahwa
terbitan berseri adalah suatu terbitan (seperti surat kabar, jurnal, buku
tahunan atau bulletin) yang diterbitkan dengan nomor yang berurutan dan terbit
secara berseri dan terus menerus, waktu yang tidak terbatas. Termasuk
didalamnya adalah terbitan berkala (periodicals),
koran, buku tahunan, seri monografi yang bernomor.
Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpilkan bahwa
layanan serial adalah layanan perpustakaan yang menyediakan berbgai macam
kolekis terbitan berseri seperti surat kabar, majalah, jurnal, bulletin, buku
tahunan, dan lain-lain.
1.
Layanan Serial/Terbitan Berseri di
Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Layanan serial merupakan
layanan perpustakaan yang biasa disebut dengan layanan koleksi terbitan
berseri. Koleksi yang berada di layanan serial merupakan publikasi yang
diterbitkan secara berkala, biasanya ditandai dengan penomoran atau kronologi
dan dimaksudkan untuk diterbitkan terus menerus dalam jangka waktu yang tidak
terbatas. Layanan serial berada di lantai 2 gedung Perpustakaan UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta, tepatnya berada di sebelah barat dai layanan referensi dan
berada pada satu gedung dengan layanan referensi.
2.
Sistem Layanan Serial di
perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Layanan
serial di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menerapkan sistem layanan
terbuka (Open Access)sehingga
pemustaka dibebaskan untuk masuk ke ruang koleksi serial dan memilih sendiri
jenis koleksi serial yang diinginkan. Koleksi serial tersebut hanya dapat
dibaca di tempat dan difotocopy dengan syarat mendaftar dan meninggalkan kartu
anggota atau kartu identitas kepada petugas perpustakaan.
3.
Jenis Koleksi Serial di
Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
· E-Journal (Electronic Journal)· Journal Tercetak· Mjalah· Surat Kabar· Klipping
4.
Kegiatan Petugas Layanan Serial di
Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
E. LAYANAN PEMINJAMAN
1. Layanan Peminjaman di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Layanan peminjaman merupakan layanan peminjaman koleksi sirkulasi
perpustakaan, layanan peminjaman ini merupakan bagian dari layanan sirkulasi.
Layanan peminjaman di Perpustakaan UIN Sunan Klaijaga Yogyakarta menggunakan
sistem layanan terbuka (Open Access), artinya
pemustaka dapat memilih/mencari, mengambil sendiri koleksi yang diperlukan dan
melakukan peminjaman mandiri menggunakan sistem elektroik (MPS) yang telah
disediakan di lantai 3 gedung Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Pemustaka hanya boleh meminjam koleksi sebanyak 4 eksemplar dengan judul yang
berbeda dalam jangka waktu 10 hari tanpa waktu perpanjangan, jika pemustaka
meminjam koleksi melebihi hari yang telah ditentukan maka akan dikenakan denda
sebanyak Rp 300,- per hari per eksemplar.
2. Prosedur Peminjaman di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
· Sentuh layar MPS yang bertuliskan “BORROW”· Masukkan KTM/KTA pada lubang yeng tersedia dengan posisi barcode menghadap ke atasa· Letakkan buku pada lempengan MPS· Sentuh layar yang bertuliskan “PRINT RECEIPT”, tunggu sampai bukti peminjaman keluar· Berikan cap tanggal kembali menggunakan stempel yang telah disediakan
3. Kegiatan Petugas Layanan Pengembalian di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta
F. LAYANAN PENGEMBALIAN
1. Layanan Pengembalian di Perpustakaan UIN Sunan Klaijaga Yogyakarta
Layanan pengembalian merupakan layanan pengembalian koleksi
perpustakaan yang dipinjam oleh pemustaka. Layanan pengembalian adalah bagian
dari layanan sirkulasi. Layanan ini berada di lantai 1 gedung perpustakaan UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta, tepatnya berada di lobby dan dekat dengan pintu
masuk perpustakaan.
2. Prosedur Pengembalian di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga
Pengembalian koleksi perpustakaan yang telah dipinjam oleh pemustaka
dapat dilakukan melaui tiga cara, yaitu:
·
Melalui MPS
ü Sentuh layar MPS yang bertuliskan “RETURN”ü Letakkan buku pada lempengan MPSü Tunggu barcode dan judul buku muncul di layar monitorü Sentuh layar bertuliskan “PRINT RECEIPT”, tunggu sampai bukti pengembalian keluar· Melalui Bookdropü Letakkan buku pada lempengan bookdrop satu demi satuü Dorong buku hingga pintu bookdrop terbuka dan jatuhkan bukunyaü Sentuh menu “PRINT RECEIPT” dan tunggu sampai bukti pengembalian keluar· Melalui Counter Petugas PengembalianDiperuntukkan bagi pemustaka yang terlambat dalam pengembalian koleksi
G.
LAYANAN SHELVING
1.
Layanan Shelving di Perpustakaan
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Layanan shelving
merupakan kegiatan penataan koleki pada rak-rak koleksi yang ada di
Perpustakaan. Kegiatan ini adalah bagian dari kegiatan layanan tekhnis yang
biasanya dilakukan oleh pustakawan atau petugas perpustakaan. Kegiatan Shelving
dilakukan setiap ada buku baru dan setiap ada buku yang selesai dipinjam oleh
pemustaka. Kegiatan shelving biasanya dilakukan di lantai 2, 3, dan 4 gedung Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta. Ketentuan shelving adalah
koleksi dikelompokkan berdasarkan nomer kelas dan subyek yang telah tertulis
pada label yang ada disetiap koleksi.
2.
Kegiatan Petugas Layanan Shelving
di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
No comments:
Post a Comment