11 Jul 2013

MENGENAL TASAUF

Tasauf, esoterisme, mistisisme Islam, sufisme
Suff – kain tenunan terpilih sebagai simbol kesederhanaan. Pakaian ini digunakan pertapa
Kehidupan sufisme sudah ada pada jaman Nabi SAW – tahanus di Gua Hira’. Nabi SAW hidup sederhana
Para sahabat juga menunjukkan kehidupan sederhana.Sufisma berkembang dengan munculnya al Junaid (w.910 M) Syeh Abdul Qadir Jaelani (w.1166M), Imam Syazali (1258M).
Ajaran-ajaran mereka tertulis dan dikembangkan oleh Ibnu ‘Arabi, Jalal al Din al Rumi, Imam Ghazali, dan lainnya.

TAREKAT NAQSYABANDIYAH
Didirikan Syeh Muhammad Bahauddin al Bukhari an Naqsyabandi lahir di Bukhara 1317 M. Naqsyabandi (pelukis, pengukir). Beliau banyak berguru kepada tokoh-tokoh tarekat dan memeroleh “ijazah” berupa jubah/khirqah. Meninggal dalam usia 74 tahun.

Ajaran pokok:
a.Berpegang teguh pada ajaran Nabi SAW
b. Menjauhi bid’ah
c. Memiliki 6 dasar:
     1) Taubat
     2) Uzlah
     3) Zuhud
     4) Taqwa
     5) Qanaah
     6) Taslim/berserah diri
d. Memiliki 6 rukun:
     1) ilmu
     2) hilm /lapang dada
     3) sabar
     4) Ridha
     5) ikhlas
     6) akhlakul karimah
e. Memiliki 11 prinsip
     1) husydardam/teknik pengendalian pernafasan
     2) nazarbar qidam/melihat ke kaki ketika berjalan
     3) safardarwathan/hijrah dari sifat tercela
     4) khalawat dar ajuman/khalawat dalam keramaian
     5) yadzkar/dzikir terus menerus
     6) bazkasyat/berulang-ulang dzikir lailaha illallah
     7) nakahdasyt/menjaga hati dari segala bisikan
     8) yaddasyt/konsentrasi pada kehadiran Allah

Tarekat Qadiriyah
    Pendirinya: Abd al Qadir al Jaelani (1077-1166) lahir di desa Jilan Persia, meninggal di Bagdad dan makamnya sangat terawat.
            Ia dididik tasauf oleh ibunya (Fatimah binti Abdullah as Sauma’i) dan kakeknya (Syeh Abdullah as-Sauma’i). Umur 18 tahun belajar pada guru sufi Ahmad Ghazali di Bagdad. Ia bermazhab Hanbali.
Karya tulisnya:
1) Al Gunya li thalibil thariq al haq (bekal yg.cukup bagi pencari kebenaran
2) Al Fath ar Rabbani (pembuka Ketuhanan)
3) Sittin majalis (60 majelis) berisi 62 khutbah
4) Manaqib (berisi riwayat hidup beliau terkenal di Indonesia yang dibaca terutana hari Asyura, 27 Rajab, nisfu sya’ban
Tarekat Idrisiyah
            Pendirinya: Sayid Ahmad bin Idris bin Muhammad bin Ali lahir di Maroko 1760 M dari keluarga saleh. Ia belajar tasauf pada Abu Mawahib abdul Wahab danAbu Qasim al Wazir (aliran tasauf qadiriyah). Sayid Idris pendukung Wahabiyah.
Ajarannya:
1) Menamalkan praktik tasauf sesuai Al Quran & Hadis
2) Tidak mengajarkan dzikir tertentu
3) Tidak menganjurkan pengikutnya untuk uzlah
4) Percaya bahwa roh Rasulullah SAW dapat memberi izin terbentuknya tarekat kepada seseorang
5) Tidak mengajarkan ittihad maupun wihdatul wujud
Tarekat ini juga berkembang di Indonesia, diduga dibawa oleh Abdul Fatah (1884-1947) ulama kelahiran Tasikmalaya dan berkembang di sana. Pengikut pria berjenggot, berpakaian gamis putih, dan sorban /selendang hijau dan wanitanya pakai cadar.

TAREKAT SANUSIYAH
     Pendirinya: Sidi Muhammad bin Ali as Sanusi (Aljazair 1791-1859M) bertujuan memperbaharui penghayatan dan penyebarluasan Islam.
Ajarannya:
1.  Hanya beribadah pada Allah
2.  Dilarang minum kopi dan merokok
3.  Putus hubungan dengan Yahudi dan Nasrani
4.  Menyerahkan sebagian penghasilan-sosial
5.  Menolak pengaruh barat
Berkembang di Afrika Utara dan Libya), Saudi Arabia (Makkah Madinah), Irak, Iran, Malaysia, dan Indonesia

TAREKAT RIFA’IYAH
Pendirinya: Ahmad bin Ali ibn Abbas ar Rifai (1106-1183) pengikut mazhab Syafii, meninggal di Bagdad
3 ajaran pokok; 1) tidak meminta; 2) tidak menolak; 3) tidak menunggu. Tarekat ini berkembang di Turki, Syiria, Mesir dan Indonesia. Di Indonesia terkenal dengan permainan debus dan tabuhan rebana di Aceh dan Sumatera Barat dengan menikam dirinya dengan besi tajam dan berdzikir dan mereka tidak terluka.

No comments:

Post a Comment

CONTOH PROPOSAL PENGADAAN PERPUSTAKAAN DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013

CONTOH PROPOSAL PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA   PERPUSTAKAAN SMA NEGERI BAB   I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Pe...