A. PAMERAN (DISPLAY) TERBITAN BERSERI TERBARU
Layanan ini dilakukan dengan cara:
- Terbitan Berseri yang baru datang ke perpustakaan dipajang pada rak yang paling depan, di mana ketika pengguna masuk ke perpustakaan, rak itulah yang pertama kali terlihat (rak display).
- Konstruksi rak dibuat berbeda dengan rak sirkulasi, yaitu rak dengan kemiringan 20 derajat dengan cover menghadap ke pengguna, sehingga pengguna dapat langsung membaca judul dari Terbitan Berseri tersebut.
- Jika koleksi Terbitan Berseri yang dimiliki tidak banyak, maka dapat disusun secara alphabetis, namun jika koleksi Terbitan Berseri yang dimiliki banyak, maka dapat disusun berdasarkan subjeknya, sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan Terbitan Berseri yang diinginkannya.
- Penyusunan Terbitan Berseri pada rak display adalah dengan meletakkan Terbitan Berseri terbaru di jajaran teratas, lalu bawahnya, dan seterusnya.
B. PENGEDARAN TERBITAN BERSERI TERHADAP
PENGGUNA TERBATAS
Layanan ini dapat dilakukan untuk
perpustakaan dengan jumlah pengguna yang sedikit, misalnya suatu instansi atau
lembaga. Layanan ini dilakukan dengan cara:
- Dalam kurun waktu tertentu Terbitan Berseri terbaru diletakkan di suatu wadah tertentu.
- Lengkapi Terbitan Berseri tersebut dengan daftar judul-judulnya serta nama-nama pegawai/karyawan yang akan mendapatkan edaran Terbitan Berseri tersebut, lengkap dengan jadwal pinjamnya.
- Kemudian koleksi tersebut diedarkan kepada para pegawai/karyawan di lembaga tersebut ke ruangan kerjanya masing-masing.
- Setelah masa pinjam Terbitan Berseri dari seorang pegawai/karyawan habis, maka pegawai/karyawan tersebut harus memberikan Terbitan Berseri tersebut kepada pegawai/karyawan lain sesuai dengan yang telah dibuat, begitu seterusnya hingga semua pegawai yang daftar pinjam mendapat bagian meminjam.
- Perlu diingat, dalam pembagian jadwal peminjaman, pustakawan harus adil dalam pengalokasian waktu agar tidak terjadi kecemburuan.
C. JASA INFORMASI MUTAKHIR (CURRENT
AWARENESS SERVICES -- CAS)
Ciri khas dari Terbitan Berseri adalah
kemutakhiran informasinya. Karenanya, setiap Terbitan Berseri terbaru harus
segera diketahui oleh para peminatnya. Layanan Jasa Informasi Mutakhir (Current
Awareness Services) ini dilakukan dengan cara:
- Pustakawan mencatat nama-nama pengguna dan judul Terbitan Berseri yang diminatinya
- Ketika Terbitan Berseri terbaru datang, dan judul Terbitan Berseri itu termasuk dalam daftar Terbitan Berseri yang diminati salah satu pengguna, pustakawan segera memfoto copy Terbitan Berseri tersebut sejumlah peminatnya dan menyerahkan copy dari Terbitan Berseri tersebut kepada peminatnya.
current awareness service
A service or publication designed to alert
scholars, researchers, readers, customers, or employees to recently published
literature in their field(s) of specialization, usually available in special
libraries serving companies, organizations, and institutions in which access to
current information is essential. Such services can be tailored to fit the
interest profile of a specific individual or group. Some online catalogs and bibliographic
databases include a "preferred searches" option that allows the
library user to archive search statements and re-execute them as needed.
current contents (kumpulan
dftr isi terbitan terbaru)
A periodical that reproduces the tables of
contents of the leading scholarly journals in an academic discipline or field to assist researchers in
keeping abreast of the most recently published literature in their areas of
interest or specialization, usually published weekly or monthly. Because
currency is the raison d'ĂȘtre of this type of publication, libraries may limit
back files to the most recent three to five years.
current issue
The latest number of a serial publication,
bearing the most recent issue date. In some libraries, current issues are displayed
with the front cover facing forward on sloping shelves or on a periodical stand
to facilitate browsing. Back files are typically stored in a different
location, sometimes on microfilm or microfiche to conserve space. Synonymous
with current number.
D. LAYANAN INFORMASI TERSELEKSI (SELECTIVE
DISSEMINATION OF INFORMATION)
Layanan ini menuntut pengetahuan pustakawan
tentang subjek dari artikel Terbitan Berseri agar layanan ini dapat berjalan
dengan baik. Layanan ini dilakukan dengan cara:
- Pustakawan meminta data subjek Terbitan Berseri yang diminati pengguna, termasuk kata kunci dan cakupan dari subjek tersebut, terutama bagi pustakawan yang tidak menguasai bidang ilmu dari subjek yang diminta
- Pustakawan membuat kartu profil pengguna
- Dengan berbagai macam subjek artikel yang telah ada dalam daftar, pustakawan dapat mencari-cari artikel yang ada dalam Terbitan Berseri yang sesuai dengan daftar subjek tersebut
- Setelah mendapatkan daftar subjek artikel yang sesuai dengan minat pengguna, maka pustakawan mengirimkan daftar judul artikel yang sesuai dengan subjek tersebut kepada peminatnya masing-masing. Isi daftar subjek tersebut dapat berbeda-beda sesuai dengan minat pengguna
- Pengguna yang telah menerima daftar judul artikel yang sesuai dengan subjek yang diminatinya akan datang ke perpustakaan dan membaca artikel tersebut
- Pustakawan yang baik akan memfoto copy artikel yang sesuai dengan subjek yang diminati pengguna dan mengirimkannya kepada si peminat subjek tersebut.
No comments:
Post a Comment