4 Nov 2013

CONTOH MAKALAH PRAKTEK PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

PENDAHULUAN

Layanan dalam pengertian umum  merupakan kegiatan yang menyediakan, membimbing atau memberikan jasa kepada seseorang. jika layanan dalam konteks perpustakaan yaitu segala sesuatu yang disediakan maupun yang diberikan perpustakaan kepada pengguna agar dapat mengakses informasi sesuai dengan kebutuhannya.
Fungsi layanan perpustakaan ada beberapa macam diantaranya : fungsi informatif, edukatif, rekreatif dan penelitian, fungsi tersebut akan diuraikan dalam pembahasan makalah ini. Karena pada dasarnya layanan dalam perpustakaan itu sendiri yaitu suatu kesibukan , tidak ada perpustakaan tanpa pelayanan karena perpustakaan identik dengan jasa .
Layanan pada intinya bertujuan mempermudah pengguna untuk mengakses informasi karena dengan itu perpustakaan menyediakan banyak layanan diperpustakaan yang tujuannya tidak lain untuk mempermudah pengguna. Prodak  perpustakaan adalah informasi, maka informasi ini harus disebarkan keseluruh masyarakat dan mengundang masyarakat datang keperpustakaan dengan promosi atau iklan yang memberikan solusi kepada masyarakat terhadap segala masalah yang di hadapinya sehari-hari.


PEMBAHASAN

Layanan yaitu suatu kegiatan melayani atau menyediakan jasa kepada pengguna, layanan dalam pengertian umum lebih cenderung pada jasa karena yang dilayankan atau ditawarkan itu jasa atas suatu yang yang dapat meringankan beban pengguna atau konsumen. Jika layanan dalam perpustakaan secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu :
      1.      Layanan Teknis
Layanan yang mempersiapkan buku nantinya dapat digunakan  untuk menyelenggarakan layanan pembaca. layanan teknis dengan pengertian yang lebih luas yaitu segala layanan yang paling vital diperpustakaan tanpa adanya layanan teknis maka perpustakaan tidak akan bisa berjalan dengan baik malah akan macet dan mati. Layanan teknis meliputi : pengembangan koleksi, pengolahan koleksi baru yang masuk di perpustakaan.
2.       Layanan umum
Yaitu layanan yang menjadi kesibukan di perpustakaan atau dapat disebut layanan yang disediakan perpustakaan kepada pengguna untuk mengakses informasi, layanan umum meliputi: layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan multimedia, layanan serial .

Menurut Nasution ( 1990: 139 ): perpustakaan adalah pelayanan ,pelayanan berarti kesibukan ,bahan-bahan pustaka harus sewaktu-waktu tersedia bagi mereka yang memerlukannya;....” perpustakaan adalah lembaga yang selalu identik dengan pelayanan , karena perpustakaan seperti yang telah dikenal dikalangan luas bahkan dimanapun merupakan institusi penyedia dan penyebar informasi kepada masyarakat luas yang tentunya juga akan lebih banyak informasi didalam perpustakaan itu sendiri daripada yang tersebar dimasyarakat .

Fungsi  layanan perpustakaan tidak boleh menyimpang dari dari visi dan misi perpustakaan itu sendiri, perpustakaan harus dapat menyediakan informasi kepada pengguna, memberikan kesempatan kepada pembaca untuk mengadakan penelitian, yaitu fungsi informasi selanjutnya perpustakaan juga memberikan kesempatan kepada pembacanya untuk mengadakan rekreasi, dengan membaca novel, menonton bersama diperpustakaan, mengadakan kegiatan lomba menulis, membaca puisi dan lain-lain sehingga menjadikan perpustakaan tempat belajar yang menyenangkan kepada pengguna.

Tujuan perustakaan pelayanan perpustakaan yaitu agar bahan-bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan sampai ketangan pengguna  sehingga pengguna dapat membaca dan mengetahui banyak informasi dari perpustakaan, adapun tujuan dari pengolahan bahan pustaka yaitu untuk mempermudah pencaharian suatu bahan pustaka sesuai yang dikehendaki pengguna .
Fungsi jika dikeleompokkan ada beberapa macam yaitu :

            a)      Fungsi informasi
Perpustakaan adalah rumah informasi, pengguna dapat mengakses segala bentuk informasi di perpustakaan menampung segala macam informasi yang dibutuhkan oleh setiap pengguna perpustakaan, selain itu juga dengan tersedianya informasi ini juga diharapkan agar mampu memecahkan segala macam bentuk masalah yang ada di masyarakat artinya perpustakaan itu memberikan solusi Bila tidak terjawab, dapat minta bantuan ke perpustakaan lain yang dianggap mampu menjawab pertanyaan tersebut karena pada hakekatnya semua perpustakaan melaksanakan fungsi informasinya.

b)      Fungsi Edukasi
Perpustakaan sebagai tempat belajar seumur hidup bagi masyarakat , artinya diperpustakaan siapa saja boleh mengakses informasi dan menikmati pelayanan di perpustakaan tanpa sedikitpun membeda-bedakan antara orang satu dengan yang lainnya dan tidak di batasi waktu. Perpustakaan juga merupakan sarana pendidikan informal dan nonformal artinya perpustakaan merupakan tempat belajar diluar bangku sekolah maupun juga tempat belajar dalam lingkungan pendidikan sekolah.

c)      Fungsi Rekreasi
Masyarakat dapat menikmati rekreasi kutural dengan cara membaca dan baca ini disediakan oleh perpustakaan. Rekreasi adalah penyegaran kembali badan dan pikiran, dapat juga dikatakan sesuatu yang menggembirakan hati dan menyegarkan seperti hiburan dan piknik (KBBI). Berdasarkan pengertian dan fungsi perpustakaan yang tertuang dalam UU No. 23 Tahun 2007, salah satu fungsi perpustakaan adalah rekreasi. Fungsi rekreasi yang dimaksud adalah rekreasi kultural.
d)      Fungsi penelitian
Perpustakaan tempat yang sangat ideal untuk menjadi sumber referensi bagi peneliti karena selain banyak referensi yang menunjang banyak juga hasil peneliti –peneliti yang terdahulu yang dapat dijadikan pedoman bagi orang yang akan melakukan penelitian atau dapat bertanya langsung kepada pustakawan referensi agar mendapat jawaban yang lebih akurat tentang referensi yang akan digunakan dalam penelitiannya nanti.

Perpustakaan memberi berbagai layanan yang sesuai kemampuan  perpustakaan dengan cara menentukan sistem layanan secara jelas.  Dengan adanya penentuan sistem ini maka pengguna semakin mudah mengetahui bagaimana memanfaatkan fasilitas yang dimiliki perpustakaan. Menurut Pedoman Umum Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi (1999: 33) sistem layanan perpustakaan yang dikenal ada 2 (dua) yaitu: Sistem layanan terbuka (opened acces) dan sistem layanan tertutup (closed acces).

Layanan Terbuka (Opened Access)
Sistem layanan terbuka merupakan bagian dari sistem layanan perpustakaan. Menurut buku Pedoman Umum Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi (1999: 33) “Sistem layanan terbuka adalah sistem yang memberikan kebebasan kepada pengguna perpustakaan memilih dan mengambil sendiri bahan pustaka yang dikehendakinya dari ruang koleksi”.  Sedangkan menurut Lasa (1994:  5)  “Suatu layanan yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke ruang koleksi untuk memilih, mengambil sendiri koleksi yang sesuai”. 

Layanan Tertutup (Closed Access)
Selain sistem layanan terbuka terdapat juga sistem layanan tertutup pada sistem layanan perpustakaan. Adapun pengertian sistem layanan tertutup menurut buku  Pedoman Umum Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi (1999:  33) adalah:  Pengguna perpustakaan harus menggunakan katalog yang tersedia untuk memilih pustaka yang diperlukannya. Pengguna tidak dapat mengambil sendiri bahan pustaka dari ruang koleksi, akan tetapi akan dibantu oleh petugas bagian sirkulasi. Dari penjelasan di  atas hampir sama dengan pemaparan  dari  Lasa  yang mendefenisikan bahwa sistem layanan tertutup yaitu:  Suatu layanan yang tidak memungkinkan pengguna untuk memilih dan mengambil sendiri akan koleksi perpustakaan. Koleksi yang ingin dipinjam dapat dipilih melalui daftar/  katalog yang tersedia koleksinya akan diambilkan oleh petugas (Lasa, 1994: 5).

Fungsi layanan-layanan di perpustakaan pada intinya yaitu ingin mempermudah pengguna dalam mencari informasi yang sesuai dengan kebutuhannya , dengan didapatnya informasi yang dicari pengguna melalui layanan yang disediakan perpustakaan maka dengan begitu perpustakaan dapat dikatakan berhasil dalam melaksanakan fungsi layanannya untuk mempermudah pengguna mengakses informasi.

Perpustakaan di katakan berhasil dalam melaksanakan fungsi layanan apabila dapat di laksanakan dengan :
a.       cepat,  artinya untuk memperoleh layanan, orang tidak perlu menunggu terlalu lama.
b.      Tepat waktu, artinya orang dapat memperoleh kebutuhannya tepat pada waktunya
c.      Benar, artinya pelayanan membantu perolehan sesuatu sesuai dengan yang di butuhkan.

Hal lain yang tak kalah pentingya dengan fungsi layanan perpustakaan itu sendiri yaitu promosi layanan perpustakaan yang harus dipromosikan ditengah-tengah masyarakat agar masyarakat mengetahui bahwa diperpustakaan ada layanan yang mempermudah mereka dalam mencari informasi, dan yang paling penting juga perpustakaan hendaknya memberi solusi atas segala macam permasalahan yang biasa terjadi dimasyarakat, setidaknya menyediakan referensi yang menjawab segala masalah yang berkecamuk dimasyarakat.

Pelayanan di perpustakaan dibedakan menurut jenis perpustakaan tersebut misalnya perpustakaan sekolah dengan perpustakaan umum akan berbeda dalam pelayanannya, misalnya perpustakaan umum akan melayani semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali akan berbeda jika itu perpustakaan sekolah maka yang dilayani hanya para siswa dan para guru saja dan cakupan koleksi perpustakaan itu lebih sempit dibanding dengan cakupan koleksi perpustakaan umum yang menyediakan berbagai koleksi untuk keperluan semua lapisan masyarakat baik anak-anak maupun orang dewasa.

Fungsi dari semua pelayanan yang ada diperpustakaan yaitu agar pengguna dapat mengakses berbagai macam informasi baik informasi yang hangat saat ini atau informasi yang terdahulu karena perpustakaan menyimpan segala macam informasi untuk kebutuhan pengguna, perpustakaan menjadi penting jika berhasil menyediakan bahan pustaka secara cepat dan tepat supaya dalam pelayanan bahan informasi diperpustakaan berjalan dengan baik layanan teknis harus mengelola bahan pustaka itu sebaik mungkin agar dapat disajikan kepada pengguna atau dengan kata lain bahan pustaka menjadi tepat guna pada pemustaka yang mengakses informasi.

Dalam pelayanan diperpustakaan harus dilakukan dengan sentuhan yang humanis artinya layanan dilakukan dengan sungguh-sungguh mencarikan informasi, membimbing menggunakan bahan pustaka yang dan segala sesuatu yang dapat membantu pengguna dalam memperoleh informasi tentunya itu tidak terlepas dari fungsi layanan perpustakaan itu sendiri yaitu mempermudah pengguna mengakses informasi sesuai dengan kebutuhannya.

Seperti dikatakan diatas bahwa layanan itu yaitu suatu kesibukan yang dilakukan di perpustakaan dalam melayani pengguna tanpa membudakan ras,umur,jenis kelamin,dan dasar pendidikan. Karena itu cakupan koleksi luas sekali. Ini dimaksudkan agar perpustakaan dapat memberikan kepuasan kepada mereka. Juga tingkat kedalaman materi koleksi begitu luas dari yang paling sederhana sampai yang paling sulit . fungsi disamping untuk pendidikan yaitu fungsi rekreasi yang tak dapat ditinggalkan sebab perlu dilakukan penyegaran kepada anak-anak atau orang dewasa dengan mengadakan lomba-lomba diperpustakaan untuk menarik minat masyarakat datang keperpustakaan hal ini dimaksudkan agar tak ada kejenuhan didalam perpustakaan itu sendiri.



                                                                   PENUTUP                     

Layanan yaitu suatu kegiatan melayani atau menyediakan jasa kepada pengguna, layanan dalam pengertian umum lebih cenderung pada jasa karena yang dilayankan atau ditawarkan itu jasa atas suatu yang yang dapat meringankan beban pengguna atau konsumen. Jika layanan dalam perpustakaan secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu : Layanan teknis dan Layanan Umum.

Perpustakaan adalah lembaga yang selalu identik dengan pelayanan, karena perpustakaan seperti yang telah dikenal dikalangan luas bahkan dimanapun merupakan institusi penyedia dan penyebar informasi kepada masyarakat luas yang tentunya juga akan lebih banyak informasi didalam perpustakaan itu sendiri daripada yang tersebar dimasyarakat. Fungsi perpustakaan ada beberapa macam yaitu fungsi informatif, fungsi edukatif,fungsi  rekreatif, dan fungsi penelitian.

Perpustakaan memberi berbagai layanan yang sesuai kemampuan perpustakaan dengan cara menentukan sistem layanan secara jelas.  Dengan adanya penentuan sistem ini maka pengguna semakin mudah mengetahui bagaimana memanfaatkan fasilitas yang dimiliki perpustakaan. Sistem layanan terbuka (opened acces) dan sistem layanan tertutup (closed acces).

Dari pemaparan diatas kami menarik kesimpulan bahwa fungsi layanan perpustakaan yaitu tidak lain dan tidak bukan yaitu untuk memudahkan pengguna untuk mengakses informasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka, apabila informasi yang dicari oleh pengguna dapat ditemukan atau diakses dengan baik maka dapat dibilang perpustakaan tersebut telah berhasil menjalankan fungsinya dalam melayani kebutuhan pengguna. Dan di katakan berhasil dalam melaksanakan fungsi layanan apabila dapat di laksanakan dengan : Cepat, Tepat waktu, Benar seperti yang sudah di jelaskan di atas.


DAFTAR PUSTAKA

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.
Marmoatmojo ,K (1981 ). Bahan Pustaka. Jakarta  Universitas Terbuka.
Lasa Hs .(2009)  Kamus Kepustakawanan Indonesia . Yogyakarta :Pustaka Book Publisher.
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/17209/5/Chapter%20I.pdf   di akses pada hari kamis tanggal 2 mei 2013 pukul 23:00 WIB
Qalyubi , Syihabudin ( 2007) .  Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta : Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI ) Fakultas Adab  IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

No comments:

Post a Comment

CONTOH PROPOSAL PENGADAAN PERPUSTAKAAN DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013

CONTOH PROPOSAL PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA   PERPUSTAKAAN SMA NEGERI BAB   I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Pe...