Layanan
dalam pengertian umum merupakan kegiatan
yang menyediakan, membimbing atau memberikan jasa kepada seseorang. jika
layanan dalam konteks perpustakaan yaitu segala sesuatu yang disediakan maupun
yang diberikan perpustakaan kepada pengguna agar dapat mengakses informasi
sesuai dengan kebutuhannya.
Fungsi
layanan perpustakaan ada beberapa macam diantaranya : fungsi informatif,
edukatif, rekreatif dan penelitian, fungsi tersebut akan diuraikan dalam pembahasan
makalah ini. Karena pada dasarnya layanan dalam perpustakaan itu sendiri
yaitu suatu kesibukan , tidak ada perpustakaan tanpa pelayanan karena
perpustakaan identik dengan jasa .
Layanan
pada intinya bertujuan mempermudah pengguna untuk mengakses informasi karena
dengan itu perpustakaan menyediakan banyak layanan diperpustakaan yang
tujuannya tidak lain untuk mempermudah pengguna. Prodak perpustakaan adalah informasi, maka informasi
ini harus disebarkan keseluruh masyarakat dan mengundang masyarakat datang
keperpustakaan dengan promosi atau iklan yang memberikan solusi kepada
masyarakat terhadap segala masalah yang di hadapinya sehari-hari.
PEMBAHASAN
Layanan
yaitu suatu kegiatan melayani atau menyediakan jasa kepada pengguna, layanan
dalam pengertian umum lebih cenderung pada jasa karena yang dilayankan atau
ditawarkan itu jasa atas suatu yang yang dapat meringankan beban pengguna atau
konsumen. Jika layanan dalam perpustakaan secara garis besar dibagi menjadi dua
yaitu :
1. Layanan Teknis
1. Layanan Teknis
Layanan
yang mempersiapkan buku nantinya dapat digunakan untuk menyelenggarakan layanan pembaca.
layanan teknis dengan pengertian yang lebih luas yaitu segala layanan yang
paling vital diperpustakaan tanpa adanya layanan teknis maka perpustakaan tidak
akan bisa berjalan dengan baik malah akan macet dan mati. Layanan teknis
meliputi : pengembangan koleksi, pengolahan koleksi baru yang masuk di
perpustakaan.
2. Layanan umum
2. Layanan umum
Yaitu
layanan yang menjadi kesibukan di perpustakaan atau dapat disebut layanan yang
disediakan perpustakaan kepada pengguna untuk mengakses informasi, layanan umum
meliputi: layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan multimedia, layanan
serial .
Menurut Nasution ( 1990: 139 ): perpustakaan adalah pelayanan ,pelayanan berarti kesibukan ,bahan-bahan pustaka harus sewaktu-waktu tersedia bagi mereka yang memerlukannya;....” perpustakaan adalah lembaga yang selalu identik dengan pelayanan , karena perpustakaan seperti yang telah dikenal dikalangan luas bahkan dimanapun merupakan institusi penyedia dan penyebar informasi kepada masyarakat luas yang tentunya juga akan lebih banyak informasi didalam perpustakaan itu sendiri daripada yang tersebar dimasyarakat .
Fungsi layanan perpustakaan tidak boleh menyimpang dari
dari visi dan misi perpustakaan itu sendiri, perpustakaan harus dapat
menyediakan informasi kepada pengguna, memberikan kesempatan kepada pembaca
untuk mengadakan penelitian, yaitu fungsi informasi selanjutnya perpustakaan
juga memberikan kesempatan kepada pembacanya untuk mengadakan rekreasi, dengan
membaca novel, menonton bersama diperpustakaan, mengadakan kegiatan lomba
menulis, membaca puisi dan lain-lain sehingga menjadikan perpustakaan tempat
belajar yang menyenangkan kepada pengguna.
Tujuan
perustakaan pelayanan perpustakaan yaitu agar bahan-bahan pustaka yang dimiliki
oleh perpustakaan sampai ketangan pengguna
sehingga pengguna dapat membaca dan mengetahui banyak informasi dari
perpustakaan, adapun tujuan dari pengolahan bahan pustaka yaitu untuk
mempermudah pencaharian suatu bahan pustaka sesuai yang dikehendaki pengguna .
Fungsi jika
dikeleompokkan ada beberapa macam yaitu :
a) Fungsi
informasi
Perpustakaan
adalah rumah informasi, pengguna dapat mengakses segala bentuk informasi di
perpustakaan menampung segala macam informasi yang dibutuhkan oleh setiap
pengguna perpustakaan, selain itu juga dengan tersedianya informasi ini juga
diharapkan agar mampu memecahkan segala macam bentuk masalah yang ada di
masyarakat artinya perpustakaan itu memberikan solusi Bila tidak terjawab,
dapat minta bantuan ke perpustakaan lain yang dianggap mampu menjawab
pertanyaan tersebut karena pada hakekatnya semua perpustakaan melaksanakan
fungsi informasinya.
b) Fungsi
Edukasi
Perpustakaan
sebagai tempat belajar seumur hidup bagi masyarakat , artinya diperpustakaan
siapa saja boleh mengakses informasi dan menikmati pelayanan di perpustakaan
tanpa sedikitpun membeda-bedakan antara orang satu dengan yang lainnya dan
tidak di batasi waktu. Perpustakaan juga merupakan sarana pendidikan informal
dan nonformal artinya perpustakaan merupakan tempat belajar diluar bangku
sekolah maupun juga tempat belajar dalam lingkungan pendidikan sekolah.
c) Fungsi
Rekreasi
Masyarakat
dapat menikmati rekreasi kutural dengan cara membaca dan baca ini disediakan
oleh perpustakaan. Rekreasi adalah penyegaran kembali badan dan pikiran, dapat
juga dikatakan sesuatu yang menggembirakan hati dan menyegarkan seperti hiburan
dan piknik (KBBI). Berdasarkan pengertian dan fungsi perpustakaan yang
tertuang dalam UU No. 23 Tahun 2007, salah satu fungsi perpustakaan adalah
rekreasi. Fungsi rekreasi yang dimaksud adalah rekreasi kultural.
d) Fungsi
penelitian
Perpustakaan
tempat yang sangat ideal untuk menjadi sumber referensi bagi peneliti karena
selain banyak referensi yang menunjang banyak juga hasil peneliti –peneliti
yang terdahulu yang dapat dijadikan pedoman bagi orang yang akan melakukan
penelitian atau dapat bertanya langsung kepada pustakawan referensi agar
mendapat jawaban yang lebih akurat tentang referensi yang akan digunakan dalam
penelitiannya nanti.
Perpustakaan
memberi berbagai layanan yang sesuai kemampuan
perpustakaan dengan cara menentukan sistem layanan secara jelas. Dengan adanya penentuan sistem ini maka pengguna
semakin mudah mengetahui bagaimana memanfaatkan fasilitas yang dimiliki
perpustakaan. Menurut Pedoman Umum Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Perguruan
Tinggi (1999: 33) sistem layanan perpustakaan yang dikenal ada 2 (dua) yaitu:
Sistem layanan terbuka (opened acces) dan sistem layanan tertutup (closed
acces).
Layanan
Terbuka (Opened Access)
Sistem
layanan terbuka merupakan bagian dari sistem layanan perpustakaan. Menurut buku
Pedoman Umum Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi (1999: 33) “Sistem
layanan terbuka adalah sistem yang memberikan kebebasan kepada pengguna
perpustakaan memilih dan mengambil sendiri bahan pustaka yang dikehendakinya dari
ruang koleksi”. Sedangkan menurut Lasa
(1994: 5) “Suatu layanan yang memungkinkan pengguna
untuk masuk ke ruang koleksi untuk memilih, mengambil sendiri koleksi yang
sesuai”.
Layanan
Tertutup (Closed Access)
Selain
sistem layanan terbuka terdapat juga sistem layanan tertutup pada sistem
layanan perpustakaan. Adapun pengertian sistem layanan tertutup menurut
buku Pedoman Umum Pengelolaan Koleksi
Perpustakaan Perguruan Tinggi (1999: 33)
adalah: Pengguna perpustakaan harus
menggunakan katalog yang tersedia untuk memilih pustaka yang diperlukannya.
Pengguna tidak dapat mengambil sendiri bahan pustaka dari ruang koleksi, akan
tetapi akan dibantu oleh petugas bagian sirkulasi. Dari penjelasan di atas hampir sama dengan pemaparan dari
Lasa yang mendefenisikan bahwa
sistem layanan tertutup yaitu: Suatu
layanan yang tidak memungkinkan pengguna untuk memilih dan mengambil sendiri
akan koleksi perpustakaan. Koleksi yang ingin dipinjam dapat dipilih melalui
daftar/ katalog yang tersedia koleksinya
akan diambilkan oleh petugas (Lasa, 1994: 5).
Fungsi
layanan-layanan di perpustakaan pada intinya yaitu ingin mempermudah pengguna
dalam mencari informasi yang sesuai dengan kebutuhannya , dengan didapatnya
informasi yang dicari pengguna melalui layanan yang disediakan perpustakaan
maka dengan begitu perpustakaan dapat dikatakan berhasil dalam melaksanakan
fungsi layanannya untuk mempermudah pengguna mengakses informasi.
Perpustakaan
di katakan berhasil dalam melaksanakan fungsi layanan apabila dapat di
laksanakan dengan :
a.
cepat, artinya untuk memperoleh layanan, orang tidak
perlu menunggu terlalu lama.
b.
Tepat
waktu, artinya orang dapat memperoleh kebutuhannya
tepat pada waktunya
c. Benar,
artinya pelayanan membantu perolehan sesuatu sesuai dengan yang di butuhkan.
Hal
lain yang tak kalah pentingya dengan fungsi layanan perpustakaan itu sendiri
yaitu promosi layanan perpustakaan yang harus dipromosikan ditengah-tengah
masyarakat agar masyarakat mengetahui bahwa diperpustakaan ada layanan yang
mempermudah mereka dalam mencari informasi, dan yang paling penting juga
perpustakaan hendaknya memberi solusi atas segala macam permasalahan yang biasa
terjadi dimasyarakat, setidaknya menyediakan referensi yang menjawab segala
masalah yang berkecamuk dimasyarakat.
Pelayanan
di perpustakaan dibedakan menurut jenis perpustakaan tersebut misalnya
perpustakaan sekolah dengan perpustakaan umum akan berbeda dalam pelayanannya,
misalnya perpustakaan umum akan melayani semua lapisan masyarakat tanpa
terkecuali akan berbeda jika itu perpustakaan sekolah maka yang dilayani hanya
para siswa dan para guru saja dan cakupan koleksi perpustakaan itu lebih sempit
dibanding dengan cakupan koleksi perpustakaan umum yang menyediakan berbagai
koleksi untuk keperluan semua lapisan masyarakat baik anak-anak maupun orang
dewasa.
Fungsi
dari semua pelayanan yang ada diperpustakaan yaitu agar pengguna dapat
mengakses berbagai macam informasi baik informasi yang hangat saat ini atau
informasi yang terdahulu karena perpustakaan menyimpan segala macam informasi
untuk kebutuhan pengguna, perpustakaan menjadi penting jika berhasil
menyediakan bahan pustaka secara cepat dan tepat supaya dalam pelayanan bahan
informasi diperpustakaan berjalan dengan baik layanan teknis harus mengelola
bahan pustaka itu sebaik mungkin agar dapat disajikan kepada pengguna atau
dengan kata lain bahan pustaka menjadi tepat guna pada pemustaka yang mengakses
informasi.
Dalam
pelayanan diperpustakaan harus dilakukan dengan sentuhan yang humanis artinya
layanan dilakukan dengan sungguh-sungguh mencarikan informasi, membimbing
menggunakan bahan pustaka yang dan segala sesuatu yang dapat membantu pengguna
dalam memperoleh informasi tentunya itu tidak terlepas dari fungsi layanan
perpustakaan itu sendiri yaitu mempermudah pengguna mengakses informasi sesuai
dengan kebutuhannya.
Seperti dikatakan diatas bahwa layanan itu yaitu suatu kesibukan yang dilakukan di perpustakaan dalam melayani pengguna tanpa membudakan ras,umur,jenis kelamin,dan dasar pendidikan. Karena itu cakupan koleksi luas sekali. Ini dimaksudkan agar perpustakaan dapat memberikan kepuasan kepada mereka. Juga tingkat kedalaman materi koleksi begitu luas dari yang paling sederhana sampai yang paling sulit . fungsi disamping untuk pendidikan yaitu fungsi rekreasi yang tak dapat ditinggalkan sebab perlu dilakukan penyegaran kepada anak-anak atau orang dewasa dengan mengadakan lomba-lomba diperpustakaan untuk menarik minat masyarakat datang keperpustakaan hal ini dimaksudkan agar tak ada kejenuhan didalam perpustakaan itu sendiri.
PENUTUP
Layanan
yaitu suatu kegiatan melayani atau menyediakan jasa kepada pengguna, layanan
dalam pengertian umum lebih cenderung pada jasa karena yang dilayankan atau
ditawarkan itu jasa atas suatu yang yang dapat meringankan beban pengguna atau
konsumen. Jika layanan dalam perpustakaan secara garis besar dibagi menjadi dua
yaitu : Layanan teknis dan Layanan Umum.
Perpustakaan
adalah lembaga yang selalu identik dengan pelayanan, karena perpustakaan
seperti yang telah dikenal dikalangan luas bahkan dimanapun merupakan institusi
penyedia dan penyebar informasi kepada masyarakat luas yang tentunya juga akan
lebih banyak informasi didalam perpustakaan itu sendiri daripada yang tersebar
dimasyarakat. Fungsi perpustakaan ada beberapa macam yaitu fungsi informatif,
fungsi edukatif,fungsi rekreatif, dan
fungsi penelitian.
Perpustakaan
memberi berbagai layanan yang sesuai kemampuan perpustakaan dengan cara
menentukan sistem layanan secara jelas.
Dengan adanya penentuan sistem ini maka pengguna semakin mudah
mengetahui bagaimana memanfaatkan fasilitas yang dimiliki perpustakaan. Sistem layanan terbuka (opened acces) dan sistem
layanan tertutup (closed acces).
Dari
pemaparan diatas kami menarik kesimpulan bahwa fungsi layanan perpustakaan
yaitu tidak lain dan tidak bukan yaitu untuk memudahkan pengguna untuk
mengakses informasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka, apabila informasi yang
dicari oleh pengguna dapat ditemukan atau diakses dengan baik maka dapat
dibilang perpustakaan tersebut telah berhasil menjalankan fungsinya dalam
melayani kebutuhan pengguna. Dan di katakan berhasil dalam melaksanakan fungsi
layanan apabila dapat di laksanakan dengan : Cepat, Tepat waktu, Benar
seperti yang sudah di jelaskan di atas.
DAFTAR
PUSTAKA
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43
Tahun 2007 tentang Perpustakaan.
Marmoatmojo ,K (1981 ).
Bahan Pustaka. Jakarta Universitas
Terbuka.
Lasa Hs .(2009) Kamus Kepustakawanan Indonesia .
Yogyakarta :Pustaka
Book Publisher.
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/17209/5/Chapter%20I.pdf di akses pada hari kamis tanggal 2 mei 2013 pukul 23:00 WIB
Qalyubi , Syihabudin ( 2007) . Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta : Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI ) Fakultas Adab IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/17209/5/Chapter%20I.pdf di akses pada hari kamis tanggal 2 mei 2013 pukul 23:00 WIB
Qalyubi , Syihabudin ( 2007) . Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta : Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI ) Fakultas Adab IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
No comments:
Post a Comment